Rektor Unhas Ajak Ikut Rapid Test

By Abdi Satria


nusakini.com-Makassar-Gubernur Sulawesi-Selatan, Prof. HM Nurdin Abdullah menyerahkan 4.000 alat rapid test dan juga alat kelengkapan penanganan Covid-19 lainnya ke Universitas Hasanuddin, Rabu malam, 24 Juni 2020. Alat ini akan digunakan untuk test Covid ke tenaga pendidik dan pegawai. 

Sebelumnya dinyatakan oleh Rektor Unhas, bahwa telah dilakukan pemeriksaan sebanyak 2.000 orang. Ditemukan 37 reaktif rapid test, kemudian dilanjutkan Swab hasilnya 25 dinyatakan positif Covid-19.

Ia pun mengajak civitas akademik untuk bersedia melakukan rapid test yang telah disediakan oleh Pemerintah Provinsi dan Gugus Tugas Sulsel. 

"Rapid test itu bukan sesuatu yang harus ditolak kalau pun positif itu bukan aib. Jadi kan ini resisten penolakan-penolakan. Makanya kemarin 2.000 tenaga pendidikan dan pegawai kita test masif," kata Dwia. 

Upaya ini dilakukan termasuk ingin menunjukkan ke masyarakat, untuk memutuskan mata rantai penularan. 

"Kalau kita mau memutuskan penularan mata rantai penularan ini maka kita bersihkan dulu lingkungan institusi kita terdekat, rumah kita, lembaga kita," sebutnya. 

Mereka yang bersedia mengikuti test ini ibarat menjadi pahlawan bagi keluarga, komunitas dan lingkungannya. 

"Kayak gini kan kalau udah tahu saya bilang sama teman-teman yang sekarang bahaya itu OTG, kalau OTG merasa tidak apa-apa, berhubungan sama keluarga atau teman yang ada penyakit lain, atau usianya sudah tua. Dia yang membawa musibah ke temannya," ujarnya. 

Dwia juga mengapresiasi upaya Pemprov dan Gugus Tugas untuk memfasilitasi pemeriksaan dan alat pemeriksaan Covid-19.

"Untuk Unhas hari ini kita juga berikan. Dan itulah wujud daripada sinergi yang sudah kita bangun bersama. Kami harap, kolaborasi yang dibuat ini kita bisa cepat memutus rantai penularannya," sebut Nurdin Abdullah.(rah)